Jumat, 03 Mei 2013

CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI QUICKBIRD



INDRAJA KELAUTAN

APLIKASI CITRA SATELIT RESOLUSI TINGGI
“QUICKBIRD”

logo-unhas-warna.jpg
WIDYASTUTI
L111 11 09
ILMU KELAUTAN

FAKULTAS ILMU KELAUTAN DAN PERIKANAN
UNIVERSITAS HASANUDDIN
MAKASSAR
2013


Citra Resolusi Tinggi
Satelit Quickbird
Terdapat beberapa citra satelit yang digunakan dalam aplikasi data penginderaann jauh yang digunakan dalam pemetaan terumbu karang diantaranya yaitu citra Quickbird, Landsat, IKONOS, SPOT, Aster, dll (Sutanto, 1999).
Ø  Satelit Quickbird

     Satelit Quickbird merupakan citra satelit yang memiliki resolusi tinggi, satelit ini memiliki dua macam sensor yaitu :
Nama sensor
Resolusi spasial
Sensor pancrhomatic
0,6 m
Sensor multispectral
2,44 m
    
     Tingginya resolusi spasial pada citra ini memberikan keuntungan untuk berbagai aplikasi, terutama yang membutuhkan ketelitian tinggi pada skala arrea yang kecil. Contohnya adalah pemetaan detail dan perencanaan kota. Dengan resolusi yang sangat teliti yang dimiliki oleh citra tersebut sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai aplikasi dalam memetakan terumbu karang pada setiap kedalaman seperti yang telah digunakan oleh beberapa mahasiswa dalam melakukan penelitian.
     Aplikasi penginderaan jauh utnuk terumbu karang yanmg menggunakan satelit Quickbird yang memanfaatkan sifat radiansi elektromagnetik pada daerah spktrum tampak. Spektrum ini menembus air sehingga dapat merekam terumbu karang yang berada di bawah perairan.
     Pada prinsipnya sensor satelit yang memopunyai kanal pada spektrum sinar biru dan hijau dapat dipergunakan untuk mendeteksi terumbu karang, seperti yang dimiliki oleh satelit Quickbird.
     Satelit ini merupakan orbit polar sunsynchronus, yaitu orbitnya akan melewati tempat-tempat yang terletak pada lintang yang sama dalam waktu lokal yang sama pula. Satelit Quickbird melewati tempat yang sama untuk satu putaran 1-3 hari ( resolusi temporal), hal tersebut merupakan kemajuan yang sangat hebat dibandingkan berbagai satelit yang diluncurkan tahun 1980-an dan 1990-an.

Ø  Informasi untuk citra satelit Quickbird
ketinggian
450 km
cakupan
16 x 16 km2
Band 1
0,45 - 0,52 (biru)
Band 2
0,52 - 0,60 (hijau)
Band 3
0,63 - 0,69 (merah)
Band 4
0,76 - 0,89 ( IR dekat)



DAFTAR PUSTAKA
Sutanto. 1194. Penginderaan jauh jilid I. Gajah Mada University Press. Balaksumur. Yogyakarta.

Rambungan M. 2012. Pemetaan Tutupan Terumbu Karang Pada Berbagai Kedalaman Di Perairan Pulau Barranglompop Melalui Transformasi Citra Quickbird (Dalam Skripsi). Universitas Hasanuddin. Makassar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar